Home

Sunday, January 3, 2016

Bahan Alami Untuk Membuat Masker Wajah Berjerawat

Jerawat menjadi masalah bagi semua orang. Tidak peduli apa jenis kulit seseorang, yang pasti jerawat bisa muncul kapan saja dan bisa mengganggu penampilan. Orang bisa rela mengeluarkan uang untuk membayar perawatan wajah di klinik kecantikan. Bahkan ada yang rela membayar mahal untuk produk krim wajah berjerawat harga jutaan. Padahal, cara tersebut belum tentu membuahkan hasil dan belum tentu cocok dan efektif.
Anda sebenarnya bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang ada di rumah untuk mengobati dan menghilangkan bekas jerawat. Bahan-bahan alami tersebut bisa anda pakai sebagai masker wajah sekaligus pemutih wajah alami.
Berikut beberapa bahan alami untuk membuat masker wajah berjerawat :
  1. Campuran Oatmeal, Yogurt dan Lemon
Campurkan 1 sendok yogurt dan oatmeal. Tambahkan 2 sendok jus lemon dan aduk sampai menyatu. Oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dan diamkan sampai 20 menit. Setelah masker meresap ke pori-pori dan mongering, bilas wajah dengan air bersih.
Masker ini disarankan untuk digunakan setiap 3 kali dalam seminggu. Manfaatnya adalah memperlambat pertumbuhan jerawat, mencegah inflamasi dan memudarkan noda bekas jerawat.
  1. Daun Pepaya Tua
Bahan yang diperlukan adalah 2-3 lembar daun papaya yang sudah tua dan air secukupnya. Tumbuk daun papaya sampai halus dan tambahkan air secukupnya. Oleskan ke wajah atau pada bagian-bagain wajah yang berjerawah, diamkan selama 15 menit sampai kering lalu bilas dengan air hangat. Gunakan 1 kali setiap hari untuk wajah yang berjerawat parah atau 3 kali dalam seminggu untuk jerawat yang tidak terlalu parah.
Manfaat daun papaya dapat mengurangi koloni bakteri pada wajah yang berjerawat karena mengandung senyawa antibakteri.
  1. Daun Sambiloto Bedak Beras
Siapkan 25 gram daun sambiloto, bedak beras dingin dan air secukupnya. Campurkan semua abahan sampai menyatu lalu oleskan ke wajah sampai merata. Tunggu selama 20 menit hingga mongering, kemudian bilas dengan air hangat.
Sifat pahit dari daun sambiloto memiliki manfaat untuk mematikan bakteri penyebab jerawat, mengeringkan luka jerawat. sementara beras dinginnya bermanfaat untuk memudarkan noda jerawat dan mengurangi iritasi.
  1. Putih Telur
Siapkan putih telur secukupnya. Pakai kuas untuk mengambil putih telur lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit dan jangan bergerak selama memakai masker putih telur. Setelah itu bilas dengan air hangat. Pakai masker putih telur 2 kali dalam seminggu.
  1. Madu dan Jeruk Nipis
Gunakan 1 sendokmadu alami dengan cara dioleskan secara menyeluruh ke wajah. Diamkan selama 20 menit sampai madu benar-benar masuk ke pori-pori kulit. Madu dipercaya sebagai bahan alami yang mengandung vitamin dan antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan jerawat sekaligus mencegah flek hitam akibat jerawat.
  1. Mentimun
Anda bisa menggunakan jus mentimun atau potongan buah mentimun sebagai masker wajah. Gunakan masker mentimun secara rutin selama wajah berjerawat, minimal 2 kali dalam seminggu. Buah mentimun ini mengandung vitamin alami untuk membantu memulihkan luka jerawat serta mendinginkan kulit yang terasa perih akibat inflamasi jerawat.
  1. Jeruk Lemon
Siapkan 1 buah lemon lalu potong tipis-tipis. Tempelkan potongan lemon ke wajah dan diamkan hingga 25 menit. Lemon mengandung vitamin C yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat serta mempercepat pemulihan luka akibat jerawat. vitamin C lemon juga bermanfaat untuk mengikis noda-noda coklat bekas jerawat.

Demikian beberapa bahan alami untuk membuat masker untuk wajah berjerawat. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan melakukan perawatn dengan masker alami secara rutin dan teratur, sehingga di dapat wajah yang bersih dan bebas jerawat.

No comments:

Post a Comment